Asyiknya 2D Game Development Menggunakan HTML
Kenapa 2D?
Umumnya assets dalam Game Development sangat dibutuhkan. Membuat assets 2D secara umum tentu lebih mudah dibanding 3D, begitu juga kurva pembelajarannya.
Berikut adalah perangkat lunak pengolah gambar untuk membuat assets 2D:
Gambar Raster
- Adobe Photoshop (Berbayar, OS: Windows, MacOS)
- GIMP (Open-source, OS: Windows, MacOS, Linux)
- Paint.NET (Freeware, OS: Windows) Gambar Vector
- Adobe Illustrator (Berbayar, OS: Windows, MacOS)
- Inkscape (Open-source, OS: Windows, MacOS, Linux)
Saya pribadi menggunakan Paint.NET yang menurut saya paling mudah dan cepat digunakan dari semua yang saya sebutkan di atas.
Kenapa HTML?
Mengembangkan UI menggunakan HTML adalah pilihan yang menarik. Kurva pembelajaran yang cepat, skalabilitas yang tidak terbatas dengan JavaScript, dan variasi property CSS yang terus diperbarui oleh komunitas.
Kenapa tidak Game Engine?
Game engine hanya dikhususkan untuk membuat game, developer yang juga fokus pada web development tidak perlu mempelajari suatu game engine jika sudah terbiasa menggunakan HTML.
Related Posts
Cara Membuat Text Border/Outline Di Flutter Yang Simpel
Artikel ini berdasarkan kesulitan saya dengan flutter saat ingin membuat widget text yang memiliki outline, saat itu saya butuh untuk memperjelas teks agar tidak samar dengan gradasi background dan ba...
Rangkuman Minggu Ini #1
26 Agustus# Cara Instal Ollama Menggunakan RX 6600 di Windows# Awal minggu ini saya menulis tentang instalasi Ollama di sistem operasi Windows yang ditenagai kartu grafis RX 6600. Menariknya adalah sa...